Kehandalan dan Kelemahan VPN

Kehandalan dan Kelemahan VPN

Kehandalan VPN
Teknologi VPN memilki banyak keunggulan, diantaranya :
o Biaya relatif murah
VPN merupakan teknologi yang dibangun dengan memanfaatkan jaringan internet milik publik tanpa perlu membangun jaringan pribadi. Dengan demikian, hanya diperlukan koneksi ke internet untuk menggunakan VPN, sehingga biaya yang dibutuhkan relatif lebih murah.


o Fleksibilitas

Semakin berkembangnya internet dan makin banyaknya user yang menggunakannya membuat VPN juga ikut berkembang. Setiap user dapat tergabung dalam VPN yang telah dibangun tanpa terbatas jarak dan waktu. Fleksibilitas dapat dicapai apabila user tersebut terkoneksi dengan internet dan mendapat ijin menggunakan VPN.

o Kemudahan pengaturan dan administrasi

Keseluruhan VPN dapat diatur dalam server VPN sendiri, dan untuk dapat digunakan oleh klien, maka perlu diinstal aplikasi VPN pada klien.

o Mengurangi kerumitan pengaturan dengan teknologi tunneling

Tunneling atau terowongan merupakan kunci utama pada VPN. Koneksi pribadi dalam VPN dapat terjadi dimana saja selama terdapat tunnel yang menghubungkan pengirim dan penerima data. Dengan adanya tunnel ini, maka tidak diperlukan pengaturan-pengaturan lain yang ada di luar tunnel tersebut, asalkan sumber dari tunnel tersebut dapat menjangkau tujuannya.


Kelemahan VPN

Teknologi VPN juga memiliki beberapa kelemahan, antara lain :

o VPN membutuhkan perhatian yang serius pada keamanan jaringan publik (internet). Oleh karena itu diperlukan tindakan yang tepat untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti penyadapan, hacking dan tindakan cyber crime pada jaringan VPN.

o Ketersediaan dan performasi jaringan khusus perusahaan sangat tergantung pada faktor-faktor yang berada di luar kendali pihak perusahaan, karena teknologi VPN ini memanfaatkan media internet. Kecepatan dan kendala transmisi data tidak dapat diatur oleh pihak pengguna jaringan VPN karena traffic yang terjadi di internet melibatkan semua pihak pengguna internet di seluruh dunia.

o Ada kemungkinan perangkat pembangun teknologi jaringan VPN dari beberapa vendor yang berbeda tidak dapa digunakan secara bersama-sama karena standard yang ada untuk teknologi VPN belum memadai. Oleh karena itu, fleksibilitas dalam memilih perangkat yang sesuai dengan kebutuhan dan keuangan perusahaan sangat kurang