Banyak yang bingung untuk memulai mengonlinekan radionya. Jika semua lini dikerjakan sendiri oleh si pengelola TI dari radio tersebut, memang ribet dan melelahkan bagi orang yang tak pernah berurusan dengan server. OWH hadir untuk membantu mengurangi beban itu jadi Anda yang masih awam pun bisa mengelola radio online sendiri saja.

Perlu kami tegaskan, Officialwebhosting.net menggunakan software shoutcast server untuk mengonlinekan radio. Server yang digunakan adalah berbasis Linux, tapi bagi Anda yang sehari-hari menggunakan Windows, gak usah khawatir karena hampir tak ada kaitannya antara Linux di server dengan komputer Windows Anda. Kenapa server radio kami pake Linux? Ya, tebakannya memang betul: karena Linux paling stabil!!!

Tutorial ini ditujukan bagi yang komputernya menggunakan Windows, untuk Mac, urutan langkah-langkahnya sama hanya software yang diinstall berbeda.

Berikut langkah-langkah mengonlinekan radio Anda.
1. Kontak kami untuk meminta demo server radio streaming (Anda tak perlu ribet bagaimana install server radio streaming, juga tak perlu tahu detail bagaimana cara install shoutcast server di server Linux semua akan dikerjakan oleh tim kami).
2. Beberapa jam kemudian, Anda akan mendapat akses shoutcast server.
Di email, catat tiga hal yang menjadi modal Anda untuk konek ke shoutcast server, yaitu: IP Address, Port, dan Password radio.
3. Siapkan komputer yang dilengkapi dengan koneksi internet.
4. Pastikan Anda memiliki program Winamp di Komputer Anda. Jika belum punya Winamp, download di web Winamp, klik Download Winamp.
5. Winamp Anda harus memiliki plugin (program tambahan) yang disebut Shoutcast DSP Plugins, bagi pengguna Windows, Anda harus download di SINI.. Pengguna Linux juga disediakan DSP Plugin-nya.
Lokasi download mungkin berubah saat Anda membaca tutorial ini, tapi Anda masih bisa menelusurinya kembali dengan mengakses langsung ke websitenya yaitu di Shoutcast.com, klik bagian Download dan carilah link untuk download Shoutcast DSP Plugin. Setelah download selesai, install program tersebut di komputer Anda.
6. Anda harus mengaktifkan SHoutcast DSP Plugin di Winamp Anda.
Caranya: Buka Winamp, kemudian tekan tombol CTRL + P (Anda harus menekan tombol CTR dan huruf P secara bersamaan), maka akan keluar box Winamp Preferences, lihat sebelah kiri pilihan settingnya, ada General Preferences, Skins, dan Plug-ins, arahkan kursor ke Plug-ins, dan klik DSP/Effect, maka akan muncul box baru, di situ ada tiga pilihan yaitu : (none), Nullsoft Shoutcast Source DSP....., dan Nullsoft Signal Processing Studio..., pilih yang Nullsoft Shoutcast Source DSP...dengan mengkliknya dua kali maka akan muncul box/window baru dengan judul Shoutcast Source, jika tidak muncul window baru klik tombol Configure Active plug-in di bagian bawah. Sampai tahap ini, hampir selesai sudah tahapan mengonlinekan radio Anda. Sekarang tutup box/window Winamp Preferences dan mulai berkonsentrasilah pada kotak kecil terakhir yaitu Shoutcast Source. Sebelum Anda memulai mengonlinekan atau menyiarkan radio Anda, di bawah ini gambar tampilan Winamp Preferences dan Shoutcast Source.



shoutcastpreference.jpg
Description:
Tampilan Winamp Preferences
Filesize: 39.81 KB
Viewed: 2349 Time(s)

shoutcastpreference.jpg


shoutcastsource.jpg
Description:
Tampilan Shoutcast Source
Filesize: 26.37 KB
Viewed: 2349 Time(s)

shoutcastsource.jpg


7. Sekarang fokusnya adalah: Bagaimana cara memulai menyiarkan/broadcast radio Anda.
Sekarang cek di email Anda, cari akses shoutcast server yang pernah dikirimkan oleh kami. Tiga hal saya yang perlu dicek yaitu: IP Address, Port yang disediakan, dan Password.

Kemudian, fokus ke Shoutcast Source diatas. Di tampilan ini ada empat tab utama: Main, Output, Encoder, dan Input.

Sekarang klik Output. Ada pilihan Output, pilih Output1. Di bawahnya ada pilihan dua tab, Connection dan Yellowpages. Klik dulu Connection.
Pada connection inilah bagian utama terpenting yang harus Anda pelototin untuk bisa menjalankan radio streaming. Kalau radio Anda tidak jalan, bagian inilah yang harus Anda ubah-ubah dan Anda cek benar tidaknya isian yang Anda masukkan. Inilah bagian jantung dari aktivitas radio streaming Anda.

Pada bagian Address, isikan nomor IP yang telah kami kirimkan. Jika Anda order domain dan hosting dari kami, Anda bisa meminta dibuatkan subdomain khusus untuk radio Anda sehingga Address ini bisa diisi sesuai dengan subdomain radio streaming Anda misalnya : radio.namaradioku.com. Ingat: isian ini tak memerlukan www, jadi cukup isikan radio.namaradioku.com. Bagi yang tak menggunakan domain dan hosting di tempat kami, direkomendasikan untuk menggunakan nomor IP aja.
Setelah Address, isikan pada bagian Port, masukkan port yang telah kami kirimkan. Kemudian yang terakhir adalah Password, masukkan password yang telah kami berikan. Setelah Anda memasukkan password, maka otomatis akan konek ke server shoutcast kami. Jika isian yang Anda masukkan benar, maka di bawah tampilan Status akan berubah menjadi angka-angka yang berjalan sebagai tanda Anda berhasil konek ke shoutcast server. Kalau statusnya masih terus connecting, berarti DSP Anda belum bisa konek ke shoutcast server, cek lagi isian yang Anda masukkan siapa tahu salah! Kesalahan biasanya terjadi pada port atau password Anda.

Tampilannya seperti di bawah ini:



shoutcast-connection.jpg
Description:
Tampilan connection tab
Filesize: 44.01 KB
Viewed: 2345 Time(s)

shoutcast-connection.jpg