Teknologi 4G seberapa pentingkah



Teknologi 4G yang berjalan pada frekuensi 1.800 MHz dengan mengandalkan kelebaran data sampai 20mz yang mampu melewatkan data dengan kecepatan 72 Mbps – 185 Mbps. Dengan kecepat yang luar biasa tinggi tersebut akan membuat komunikasi data semakin cepat.

Sebelum 4G yaitu teknlogi 3G yang mampu melewatkan data dengan kecepatan sampai 3,5 Mbps saja itu sudah sangat luar biasa tinggi. Artinya bahwa dengan teknologi 3G jika itu dimaksimalkan sebenarnya sudah lebih dari cukup untuk kebutuhan berselancar di internet oleh masyarakat.


Dengan hadirnya teknologi 4G dan demi kepentingan bisnis operator rame-rame memasang infrastrukturnya dan segera menerapkan teknologi tersebut. Tercatat sudah ada 5 operator penyedia jasa layanan tersebut yang sudah menerapkan teknologi 4G pada 5 kota yang dijadikan percobaan.

Namun belajar pada penerapan teknologi sebelumnya yaitu 3G, operator penyedia jasa sering mengabaikan stabilitas dari teknologi tersebut. Maksudnya adalah sebagus apapun teknologi yang dipasang atau yang digunakan dan ditawarkan oleh operator kepada konsumen selama pelayananya tidak maksimal maka penerapan teknologi tersebut akan tetap menjadi sia-sia atau mubazir.

Masyarakat sembagai konsumen sebenarnya lebih membutuhkan stabilitas koneksi ketimbang kecepatan yang sangat tinggi atau lebar data yang besar pada teknologi 4G. Belajar dari teknologi sebelumnya, operator tidak memaksimalkan layanan dari infrastruktur teknologi 3G, sehingga kecepatan data yang sampai 3Mbps saja sangat tidak mungkin untuk dicapai. Artinya bahwa ketimbang menerapkan teknologi 4G sebaiknya penyedia jasa atau operator lebih fokus dulu pada peningkatan kualitas layananya.

Koneksi yang stabil adalah hal utama yang dibutuhkan oleh pengguna layanan operator, baik dalam mengakses layanan internet, streming, email, kirim data dll. Dengan koneksi yang stabil pengguna layanan akan lebih terpuaskan. Karena akan percuma hadir teknologi 4G dengan kecepatan yang bisa mencapai 180Mbps itu tapi koneksinya tidak stabil, sering putus-putus bahkan sering los signal dibeberapa lokasi atau daerah.

Peningkatan kualitas layanan yang disediakan oleh penyedia jasa atau operator 4G adalah PR yang harus segera diselesaikan oleh kominfo. Itu seharusya menjadi fokus utama kominfo, termasuk menyediakan infrastruktur yang dapat di akses sampai kepedalaman ketimbang memaksakan teknologi 4G segera dipasang diindonesia.